Tuesday, February 17, 2009

Kampung Inggris

Sahabat, hari Selasa tanggal 17 Februari kemarin, pada jam 3 sore trans TV menyiarkan acara yang meliput kampung Inggris yang terletak di Kabupaten Kediri.

Meskipun tidak bisa melihat acara tersebut sampai selesai, hanya sekilas saja, saya yakin sekali jika kampung yang dimaksud adalah desa Pelem Kecamatan Pare Kabupaten Kediri.

Saya 200 persen yakin karena saya juga pernah belajar bahasa Inggris disana (11 tahun yang lalu) sehingga tahu suasananya seperti apa.

Memang tidak salah dan sangat tepat jika desa Pelem Kecamatan Pare Kabupaten Kediri disebut sebagai kampung Inggris (mungkin satu-satunya di Indonesia), karena banyaknya lembaga pendidikan yang ada dan karena bahasa Inggris di sana sudah menjadi makanan sehari-hari baik itu di rumah (kos), di jalan sampai di warung makan.

Bahkan dulu ada pemilik warung makan langganan saya yang terkenal dengan sebutan "mak vocab" karena menjadi tempat bertanya vocabulary bagi mereka yang masih baru belajar bahasa Inggris. Dan menurut cerita, ternyata "mak vocab" dulunya juga alumnus lembaga kursus bahasa Inggris terbesar di desa Pelem yaitu BEC (Basic English Course).

Ya.. BEC lah, yang didirikan oleh Bapak Kalend, yang sekarang membuat desa Pelem Kecamatan Pare Kediri terkenal dengan sebutan kampung Inggris.

BEC sendiri adalah lembaga pendidikan Bahasa Inggris yang paling besar dan pertama kali ada di desa Pelem. Karena banyaknya peminat yang tidak tertampung di BEC akhirnya bermunculan lembaga-lembaga lain disekitarnya.

Di BEC kita akan diajari bahasa Inggris mulai dari awal (basic) sampai advanced. Dari nol besar seperti saya sampai akhirnya bisa. Waktu yang dibutuhkan untuk menempuhnya adalah 6 bulan yang dibagi menjadi 3 program belajar sebagai berikut :

I. BASIC TRAINING CLASS ( BTC )
Yaitu program bagi pemula untuk mengenal dan belajar dasar-dasar bahasa Inggris. Lama belajar adalah satu bulan dengan diasuh oleh seorang teacher dan seorang tutor.

II. CANDIDATES OF TRAINING CLASS ( CTC )
Merupakan program lanjutan dan persiapan menuju TC, lama belajar 2 bulan.

III. TRAINING CLASS ( TC )
Di TC program ini siswa akan belajar bahasa Inggris tingkat Advanced dan diasuh langsung oleh Mr. Kalend. Pada akhir pendidikan akan diadakan examinasi berupa conversation langsung dengan foreign tourist di candi Borobudur. Lama belajar 3 bulan dan untuk tiap periode mempunyai istilah sendiri. Misalnya untuk angkatan saya "TC 98 MAM", artinya Training Class Tahun 1998 periode Maret April Mei.

Seingat saya Pendaftaran di BEC di buka 4 kali dalam satu tahun (setiap 3 bulan sekali). Pendaftaran di buka satu bulan sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan, misalnya untuk pembelajaran mulai bulan Desember, pendaftarannya pada bulan awal Nopember. Karena peminatnya yang sangat banyak biasanya tidak sampai 2 minggu pendaftaran telah ditutup karena quota telah terpenuhi.

Jika sahabat berminat, untuk lebih jelasnya bisa menghubungi nomor di bawah ini atau datang langsung ke BEC, ke desa Pelem Pare Kediri untuk melihat suasananya.

Selain suasananya, satu hal lagi yang tidak akan sahabat jumpai di tempat lain adalah bimbingan dari Bapak Kalend. Beliau adalah sosok yang betul-betul seorang pendidik sejati, seorang guru yang patut di gugu dan di tiru, yang bisa menuntun kita menemukan makna hidup.

BEC OFFICE :
Jl. Anyelir 8 PO BOX 146 Pelem Pare Kediri Jawa Timur Telp ( 0354 ) 392987

1 comments:

Anonymous said...

aq juga nonton tuh liputan yang di trans tv...

unik..