Wednesday, November 12, 2008

Sekilas Tentang Mata Minus, Plus dan Silinder

Akhir-akhir ini beberapa kali saya mengalami pusing kepala dan pegal pada mata. Karena setiap pusing mata selalu pegal saya curiga ada yang tidak beres dengan mata saya. Kebetulan beberapa hari lalu ada optik yang berkeliling dan mampir dikantor untuk menawarkan periksa mata gratis. Hasilnya pada mata kanan mengalami : minus 0.25 dan silindris 0.75 dan mata kiri : minus 0.00 dan silindris 1.00. Kesimpulannya mata saya tidak minus tapi silindris sehingga apabila melihat obyek yang kecil menjadi agak kabur dan timbul bayangan.

Begitu mengetahui hal diatas, saya jadi penasaran, sebenarnya apa yang dimaksud dengan mata minus, plus atau silindris. Dan dari hasil browsing pada beberapa blog berikut adalah definisi singkatnya :


Minus / Miopi / Rabun Jauh

Miopi atau mata dekat adalah cacat mata yang disebabkan oleh bola mata terlalu panjang sehingga bayang-bayang dari benda yang jaraknya jauh akan jatuh di depan retina. Pada mata dekat ini orang tidak dapat melihat benda yang jauh, mereka hanya dapat melihat benda yang jaraknya dekat. Untuk cacat seperti ini orang dapat ditolong dengan lensa cekung (negatif). Miopi biasa terjadi pada anak-anak.

Berikut adalah gambar perbedaan antara mata normal dengan mata miopi
Mata Normal :

Mata miopi

mata normal Vs mata miopi

Miopi dapat ditolong dengan menggunakan kacamata berlensa cekung atau negatif atau minus. Oleh karena itu mata miopi disebut juga dengan mata minus.


Mata Plus / Rabun Dekat / Hipermetropy

Hipermetropy atau rabun dekat adalah mata hanya dapat melihat jarak jauh. Mata hipermetropik lebih pendek daripada mata normal. Cahaya dari objek jarak dekat (misalnya ketika membaca buku), tidak dapat terfokus secara jelas pada retina. Mata terlalu pendek sehingga objek jarak dekat terlihat kabur.

Hipermetropy atau rabun dekat dapat ditolong dengan kacamata berlensa cembung / positif / plus.


Astigmatisma/Mata Silinder/Silindris

Astigmatisma merupakan kelainan yang disebabkan bola mata atau permukaan lensa mata mempunyai kelengkungan yang tidak sama, sehingga fokusnya tidak sama, akibatnya bayang-bayang jatuh tidak pada tempat yang sama. Untuk menolong orang yang cacat seperti ini dibuat lensa silindris, yaitu yang mempunyai beberapa fokus.

Idealnya, mata kita berbentuk bulat seperti bola sepak, sehingga semua sinar yang dibiaskan dari suatu objek yang masuk ke dalam mata kita akan bertemu di satu titik retina. Pada kelainan mata astigmatisma, bola mata berbentuk elips atau lonjong seperti bola rugbi sehingga sinar yang masuk ke dalam mata tidak akan bertemu di satu titik retina, hal ini akan menyebabkan pandangan menjadi kabur, tidak jelas, berbayang baik pada saat melihat jauh maupun dekat.

Astigmatisma atau mata silindris dapat ditolong dengan menggunakan lensa silinder baik itu berupa kaca mata atau lensa kontak

Sumber :
http://free.vlsm.org/.../Biologi/0087%20Bio%202-10a.htm
http://nasrulbintang.wordpress.com/
http://chatrines.multiply.com/../Ketika_Astigmatisma

3 comments:

obat mata minus dan silinder said...

trims infonya gan, sangat bermanfaat dan menarik....

Unknown said...

Trims infonya, Bos.

Kacamata Minus said...

Terimakasih mas.. infonya lengkap sekali, kebeneran saya lagi cari bahan untuk materi Frame Kacamata Minus