Wednesday, November 26, 2008

MOL Pertama

Setelah seringkali hanya membaca blognya Pak Sob zerowaste (http://clearwaste.blogspot.com/), akhirnya saya pun mencoba membuat MOL dari nasi sisa dan Alhamdulillah, tampaknya berhasil karena baunya persis seperti yang dikatakan Pak Sob yaitu seperti tapai (peuyeum) atau mirip baunya alkohol.

Adapun cara saya membuatnya, sesuai petunjuk Pak Sob tentunya adalah sbb :


1. Nasi sisa yang belum basi dibuat kepalan sebesar genggaman atau sebesar bola
pingpong.
2. Tempatkan dalam wadah ember plastik dan diamkan selama kurang lebih 3-4 hari
sehingga timbul jamur.
Dari sini kepalan nasi, jika kita buka baunya sudah seperti tapai.
3. Kemudian masukkan kepalan nasi dalam wadah plastik. (kalau saya pakai botol bekas
air mineral ukuran 1,5 lt).
4. Tambahkan air secukupnya (kurang lebih 2/3 botol)
5. Tambahkan gula pasir secukupnya (MOL suka dengan yang manis-manis)
6. Biarkan botol selama 1 minggu dalam keadaan terbuka, tidak usah ditutup karena MOL
perlu oksigen.
Setelah 1 minggu jadilah MOL nasi yang bisa dipakai sebagai starter kompos.

Untuk percobaan pertama ini saya hanya membuat sebanyak 2 botol karena kebetulan nasi sisanya ketika dikepal-kepal hanya jadi 10 buah dan perbotol saya isi 5 kepalan.

Karena sudah punya MOL sekarang PR saya kurang 1 yaitu mencoba membuat kompos. Rencananya sih kepingin buat kompos dalam karung saja karena yang ada dirumah sekarang adalah karung. Untuk membuat kompos dalam karung diperlukan waktu sekitar 1 bulan, so kita tunggu 1-2 bulan apakah MOLnya efektif dan saya berhasil membuat kompos dalam karung.

0 comments: